BAB I PENDAHULUAN Tentang Pembuatan Media Interaktive



BAB I
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan alat yang dapat membantu dan mendukung dalam kehidupan manusia baik secara online maupun offline, dan computer pun sangant membantu sebagai alat sarana komunikasi antara user dengan user atau pengguna computer itu sendiri jika pengunaanya secara online, dan dengan ke istimewaan nya computer dapat mengerjakan segala pekerjaan manusia dan dapat di atur sesuai ke inginan yang kita kehendaki, hanya dengan mengeatur kita dapat menegendalikan pekerjaan contoh dalam pembuatan mobil yang secara ter komputerisai.
Pengajaran komputer merupakan suatu proses pendidikan yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan serta membina kemampuan dalam mengetahui komputer secara aktif maupun pasif serta menumbuhkankepribadian ilmuan. Ketika kita merasa kesulitan dengan hal apapun yang menyangkut computer misalkan biaya pembeljaran yang mengaruskan untuk membeli sebuah perangkat computer bukan berarti alasan dari kesulitan kita untuk tidak mempelajari komputer,  asalkan ada kemauan yang besar untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Sebagai contoh pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran sangat diperlukan untuk mendukung peran guru dalam proses belajar mengajar komputer. Multimedia interaktif merupakan salah satu solusi terbaik dalam membantu penyampaian materi komputer. Apabila multimedia interaktif dipilih, dikembangkan dan digunakan secara tepat dan baik, akan memberi manfaat yang sangat besar bagi para guru dan siswa.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, pada saat ini metode pembelajaran komputer di SMK Terpadu Bjongnangkamasih menggunakan proses pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka antara guru dengan siswa. Semua aspek pembelajaran komputer diarahkan oleh guru, begitupun informasi pengetahuan seluruhnya disampaikan oleh guru.
Dengan metode pembelajaran seperti ini, ada beberapa kendala yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Pertama, guru bersifat sentral dan didaktis (bersifat mendidik yaitu mengatur kegiatan siswa untuk menerima, mengembangkan dan merespon materi pembelajaran yang disampaikan). Kedua, ada akibat dari kendala yang pertama yang mengakibatkan guru kesulitan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton dan membosankan. Ketiga, kurangnya minat belajar siswa serta rasa percaya diri siswa sehingga materi pembelajaran komputer sulit untuk dikuasai.
Berdasarkan kendala-kendala diatas, untuk mengatasi permasalahan dalam metode pembelajaran komputer maka dilakukan pembahasan tentang “Aplikasi Media Pembelajaran Komputer Berbasis Multimedia di SMK Terpadu Bojng Nangka”.


1.2         Identifikasi Masalah
Berdasarkan pemikiran pada latar belakang masalah, ada pengidentifikasian masalah yang akan dibahas di dalam penyusunan laporan  kerja praktek ini, Adapun permasalahan yang terjadi adalah sebagai berikut :
a.              Guru menemukan hambatan dalam penyampaian materi sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton.
b.             Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Komputer.
c.              Bagaimana perancangan media pembelajaran komputerberbasis multimedia di SMK Terpadu Bojongnangka?





0 comments:

Post a Comment

BAB I PENDAHULUAN Tentang Pembuatan Media Interaktive